Modul

Ringkasan Modul Basic Training dan Functional Training

No
Pelatihan
Ringkasan
1Mission, Vision and Value of IPEKA (MVVI)Pimpinan, guru dan karyawan Sekolah Kristen IPEKA sebagai para pendidik harus memiliki bekal pengetahuan dan pemahaman tentang organisasi tempat mereka bekerja. Karena itu, perlu memahami misi, visi dan nilai-nilai inti dari Sekolah Kristen IPEKA.

Setelah mendapatkan modul ini, para peserta diharapkan dapat menjalankan peran dan tugas sebagai pendidik baik sebagai pemimpin, guru maupun karyawan seturut dengan misi, visi dan nilai-nilai inti Sekolah Kristen IPEKA sehingga memberikan dampak yang baik bagi proses pembelajaran dan pendidikan di Sekolah Kristen IPEKA.
2IPEKA Organizational Culture (IOC)
Sebagai sebuah organisasi, IPEKA memiliki 5 (lima) nilai dasar (core values) yang dianut oleh setiap insan IPEKA mulai dari pengurus yayasan, pimpinan, guru, karyawan dan siswa-siswi. Kelima nilai dasar tersebut adalah melayani, disiplin, integritas, pembelajar seumur hidup, dan saling menghargai.

Melalui modul ini, peserta mengalami proses internalisasi 5 nilai dasar tersebut sehingga dapat mengetahui, mengerti, dan memahami kelima nilai dasar tersebut serta menerapkan dengan satu kesadaran penuh oleh setiap individu yang ada. Dengan dimulai dari perbuatan sehari-hari yang terus ditingkatkan menjadi suatu kebiasaan. Dari kebiasaan-kebiasaan inilah, lama-kelamaan akan menjadi suatu budaya dan perilaku yang menjadi ciri dari organisasi IPEKA.
3 IPEKA Basic Leadership Program (IBLP)Modul ini membahas Lima Tingkatan Kepemimpinan (Five Levels of Leadership) dari John C. Maxwell yang mendefinisikan kepemimpinan: “Leadership is influence” (Kepemimpinan adalah pengaruh).

Ketika seseorang bertumbuh dalam kepemimpinan, ia juga sedang memperbesar pengaruhnya. Melalui modul ini, para peserta diharapkan dapat memahami proses-proses pertumbuhan kepemimpinan serta memulai mempraktikkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang sejati.
4Character, Stewardship, and Personal Effectiveness (CSPE)
Modul ini adalah pelatihan dasar tentang karakter dan cara mengembangkan diri menjadi pribadi yang efektif.

Pelatihan ini membahas: Calling & Stewardship, Mission & Vision, Character, Proactive, What Matters Most, Communication Skill (Listening Skill), serta Recharging.

Melalui modul ini, para peserta diharapkan dapat mengetahui akan panggilan umum dan khusus dari Allah bagi mereka sehingga makin memantapkan hati untuk melakukannya, terutama peranan di dalam dunia pendidikan Kristen. Juga, agar dapat membangun karakter yang sehat dan berkenan bagi Tuhan sehingga menjadi pribadi-pribadi yang efektif, baik di dalam kehidupan pribadi maupun tim kerjanya.
5Biblical Foundation for Christian Educator (BFCE)

Modul ini merupakan pelatihan tentang doktrin-doktrin dasar yang dianut dan diajarkan oleh Gereja Kristus Yesus (GKY) sebagai gereja yang menaungi Sekolah Kristen IPEKA.

Modul ini membahas secara umum tentang Penciptaan (Creation), Kejatuhan Manusia ke dalam Dosa (Fall), Penebusan (Redemption), dan Pengudusan (Restoration).

Melalui modul ini, para peserta diharapkan memiliki pemahaman akan firman Tuhan secara benar sehingga dapat mempertanggungjawabkan imannya serta mampu membimbing orang lain tentang dasar iman Kristen.
6Philosophy of IPEKA Christian Education (PICE)
Modul ini adalah pelatihan tentang dasar filosofis pendidikan Kristen yang diajarkan di Sekolah Kristen IPEKA.

Melalui pendalaman modul Philosophy of IPEKA Christian Education (PICE) ini, para pendidik Kristen di Sekolah Kristen IPEKA diharapkan akan lebih memahami dasar-dasar untuk:

1. Mendidik siswa-siswi di dalam Yesus Kristus untuk mengakui kedaulatan Allah.

2. Mendidik siswa-siswi untuk mengembangkan karakter dan cara berpikir Kristen untuk memenuhi panggilan hidupnya dalam membangun peradaban.

3. Mendidik siswa-siswi memahami dunia dan realitas dalam kemajemukannya sebagai ciptaan Allah.

4. Mendidik siswa-siswi memahami hakikat manusia, kebutuhannya akan Allah dan tujuan hidupnya sesuai dengan rencana Allah.

5. Mendidik siswa-siswi menumbuhkembangkan hikmat, kepandaian, pengetahuan, keterampilan hidup, dan talenta yang Tuhan berikan sebagai pembelajar seumur hidup untuk menggenapi panggilan hidupnya di dalam kasih karunia.
7Layanan K/A/S/I/H IPEKA (LKI)
Layanan K/A/S/I/H IPEKA (LKI) adalah pelatihan dasar tentang peran dan keterampilan yang dibutuhkan oleh staf Tata Usaha (TU) di dalam memberikan pelayanan prima.

Modul ini membahas: Paradigma (Peran TU terhadap Misi dan Visi; Filosofi Layanan IPEKA; Dasar LKI); dan Teknis (Keterampilan Layanan; Penampilan; Perlengkapan Kerja).

Melalui modul ini, para peserta diharapkan menyadari dan memahami peran mereka dalam proses pendidikan dan mempraktikkan bentuk layanan yang dapat meningkatkan pelayanan penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan misi dan visi Sekolah Kristen IPEKA.
8IPEKA Teachers Development Program (ITDP)
Program pelatihan ini dirancang untuk memperlengkapi kompetensi guru-guru di Sekolah Kristen IPEKA. Beberapa modul yang diberikan antara lain tentang teori perkembangan dan belajar anak, manajemen kelas, kurikulum dan rencana pengajaran, serta evaluasi belajar.

Program pelatihan ini diselaraskan dengan filosofi pendidikan Kristen dan Kurikulum Berbasis Alkitab (KBA) yang menjadi pegangan/pedoman Sekolah Kristen IPEKA di dalam menyelenggarakan proses pendidikan bagi siswa-siswi.