Sekolah Kristen IPEKA » Profil Pusat Pelatihan

Profil Pusat Pelatihan

Salah satu faktor terpenting di dalam pelayanan dan pendidikan adalah faktor kualitas manusia, maka perlu upaya terus-menerus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan.

Sekolah Kristen IPEKA memiliki kerinduan untuk dapat terus-menerus meningkatkan kualitas guru dan karyawannya yang saat ini berjumlah lebih dari 1.000 orang, melalui sistem pelatihan yang terencana dan sistematis.

Dengan semangat itu, Sekolah Kristen IPEKA mendirikan IPEKA Learning & Development Center (ILDC) pada 15 Januari 2009. ILDC berdiri dengan misi: mengkoordinasi dan menyelenggarakan pelatihan, pembelajaran dan penelitian sehingga menghasilkan guru dan karyawan yang andal dalam menjalankan misi Sekolah Kristen IPEKA.

Dalam perkembangannya, di masa depan, ILDC akan menjadi pusat pembelajaran dan penelitian pendidikan Kristen bukan hanya bagi lingkungan Sekolah IPEKA, melainkan juga untuk sekolah-sekolah Kristen lainnya.

Pelatihan-pelatihan oleh ILDC terdiri dari tiga modul utama, yaitu:

  1. Modul Kepemimpinan (untuk meningkatkan kualitas soft skills)
  2. Modul Fungsional (untuk meningkatkan kualitas hard skills sesuai dengan bidangnya masing-masing)
  3. Modul Dasar (untuk mempersiapkan kemampuan dan pengertian dasar yang relevan dengan lingkungan kerja IPEKA)

Modul yang saat ini di dalam proses pelaksanaan, yaitu modul Dasar dan modul Fungsional, terdiri dari sejumlah pelatihan sebagai berikut:

  1. Mission, Vision and Values of IPEKA (MVVI)
  2. IPEKA Organizational Culture (IOC)
  3. Biblical Foundation for Christian Educator (BFCE)
  4. Philosophy of IPEKA Christian Education (PICE)
  5. Character, Stewardship and Personal Effectiveness (CSPE)
  6. IPEKA Basic Leadership Program (IBLP)
  7. IPEKA Teachers Development Program (ITDP)

ILDC akan senantiasa melengkapi dan meningkatkan kualitas dari ketiga modul utamanya sehingga dapat memberikan nilai tambah untuk internal (Sekolah Kristen IPEKA) maupun eksternal (sekolah-sekolah Kristen lainnya) yang pada akhirnya dapat berkontribusi untuk memuliakan nama Tuhan Yesus Kristus di dalam dunia pendidikan.