Sejarah

Berdirinya Sekolah Kristen IPEKA dimulai dari keprihatinan seorang hamba Tuhan yang melihat banyak keluarga Kristen yang kesulitan dalam mendapatkan sekolah Kristen berkualitas bagi anak-anak mereka.

Pdt. DR. William Hodaviah Hosana yang pada waktu itu menjadi gembala sidang Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (kini Gereja Kristus Yesus atau GKY) menggumulkan dengan serius keprihatinan ini sampai pada waktunya Tuhan membukakan visi untuk mendirikan sebuah sekolah Kristen.

Ada tiga tujuan yang terkandung dalam visi tersebut, yaitu menyediakan sekolah Kristen yang berkualitas; melaksanakan amanat agung Tuhan Yesus melalui bidang pendidikan; dan memberikan sumbangsih bagi bangsa Indonesia dalam rangka mencerdaskan bangsa.

Visi tersebut kemudian mendapatkan dukungan majelis sehingga pada 5 Mei 1978, Majelis Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar mendirikan Yayasan Iman, Pengharapan dan Kasih (IPEKA) dengan akta no.11 yang dibuat di hadapan notaris di Jakarta.

Berdasarkan keputusan itu pula, persiapan pendirian sekolah mulai dilakukan.

Pada 16 juli 1979, dimulailah penyelenggaraan Sekolah Kristen IPEKA untuk yang pertama kalinya.

Sampai saat ini, IPEKA telah memiliki delapan lokasi sekolah di Jakarta, yaitu:

Sekolah Kristen IPEKA Tomang I dan Tomang II, Sekolah Kristen IPEKA Pluit, Sekolah Kristen IPEKA Sunter I dan Sunter II, Sekolah Kristen IPEKA Puri, Sekolah Kristen IPEKA Grand Wisata, dan IPEKA INTERNATIONAL Christian School, serta Sekolah Kristen IPEKA Palembang, Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan, dan Sekolah Kristen IPEKA Makassar.

Pada 30 Agustus 1996, berkat dukungan, kerja keras dari Ibu Lois Koerniawati, MRE sebagai Koordinator Pusat Sekolah Kristen IPEKA dan Bapak Drs. Herman Elia, M.Si. selaku Direktur Pusat Konseling & Pelatihan IPEKA pada saat itu, Sekolah Kristen IPEKA mendirikan Pusat Konseling & Pelatihan IPEKA (yang kini bernama IPEKA Counseling Center atau ICC).

Sekolah Kristen IPEKA juga ingin mengkoordinasi dan menyelenggarakan pelatihan, pembelajaran dan penelitian sehingga menghasilkan guru dan karyawan-karyawati atau staf yang andal dalam menjalankan misi Sekolah Kristen IPEKA. Karena itu, pada 15 Januari 2009, Sekolah Kristen IPEKA secara resmi mendirikan lembaga pelatihan pendidik Kristen dengan nama IPEKA Learning & Development Center (ILDC).

Jika Sekolah Kristen IPEKA dapat ada seperti sekarang ini, semua itu semata-mata oleh anugerah Tuhan, yang dari awal berdiri dan sepanjang perjalanan pelayanan sampai sekarang ini Tuhan terus mencurahkan berkat-Nya bagi sekolah ini. Bagi Dialah segala hormat, pujian dan kemuliaan sampai selama-lamanya.